ESAI: KONSEP KHAIRU UMMAH DALAM AL-QURAN




Konsep Khairu Ummah dalam Al-Quran

Oleh: Ahmad Sholeh

Kawan-kawan pembaca yang dirahmati Allah. Tahukah kamu bahwa umat Islam adalah umat terbaik alias khairu ummat? Tapi, bagaimana sih konsep dan cara mencapai umat terbaik itu?

Nah, ternyata, syarat untuk menjadi umat terbaik sudah termaktub di dalam Al-Quran surah Ali Imran ayat 110, sobat. Yang artinya:

"Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik."

Dalam ayat tersebut, kita bisa mengambil tiga prasyarat penting dalam mewujudkan khairu ummah. Yaitu, ta'muruuna bil makruf (menyuruh yang makruf), tanhauna anil mungkar (mencegah yang munkar), dan tu'minuuna billah (beriman kepada Allah). Konsep ini diterjemahkan secara kritis oleh sejarawan yang juga cendekiawan Muslim, Kuntowijoyo.

Dalam pemikiran Kuntowijoyo ayat ini mengandung tiga poin penting yang disebut etika profetik, sobat. Poin penting itu yaitu humanisasi, liberasi, dan transendensi.

Nah, jadi jika kita melihat konsep dalam surah Ali Imran ayat 110 tentang umat terbaik dan kita ingin mewujudkannya, maka kita harus melakukan tiga hal mendasar: humanisasi (memanusiakan manusia), liberasi (pembebasan/pencerahan), dan transendensi (beriman kepada Allah/hidup dalam rangka ibadah). Tentang apa detailnya ketiga poin penting ini bakal kita bahas di tulisan berikutnya ya, sobat.

Semoga kita selalu istiqamah dalam kebaikan. Wallahu a'lam.

Komentar